Sering dianggap sepele, 5 kesalahan ini bisa berakibat fatal pada citra bisnismu, lho!

1 min read

Logo yang baik adalah yang merepresentasikan perusahaan dan mudah diingat oleh audience. Tapi sayangnya, membuat logo yang berkarakter bukanlah perkara mudah. Kesalahan dalam membuat logo umum terjadi di kalangan pemula maupun profesional. Kendati demikian, kesalahan tersebut harus dihindari agar logo brand kamu sesuai dengan karakteristik perusahaan atau bisnis yang kamu geluti. Berikut lima kesalahan yang harus kamu hindari dalam tips membuat logo.

Kesalahan Umum dalam Membuat Desain Logo

Kesalahan dalam membuat desain dapat berakibat fatal untuk brand yang kamu bangun. Salah satunya adalah memengaruhi citra perusahaan dan menurunkan kredibilitas bisnismu. Lantas, apa saja kesalahan yang sering terjadi dan harus dihindari dalam tips trick Corel Draw?

  1. Tidak Original dan Terlalu Meniru Tren

Kesalahan pertama yang umum terjadi dalam pembuatan logo adalah terlalu meniru tren. Dalam dunia desain grafis, selalu muncul tren yang dapat dijadikan acuan. Kendati demikian, tren tersebut tidak bertahan lama. Artinya, seiring berjalannya waktu, tren di dunia desain grafis terus berkembang dan berubah.

Alih-alih meniru tren yang sedang berkembang, kamu sebaiknya membuat logo dengan menempatkan tujuan dan nilai dari perusahaan kamu. Dengan begitu, logo yang kamu buat akan lebih berkarakter dan mencerminkan bisnis kamu banget.

Selain terlalu mengikuti tren, originalitas juga menjadi permasalahan yang perlu kamu hindari. Jangan sampai kamu meniru logo merek lain yang sudah tenar dengan alasan agar mudah dikenal. Tindakan ini justru akan mencoreng citra baik bisni kamu, lho. Jadi, pastikan kamu menciptakan konsep sendiri sebelum membuat logo di Corel Draw maupun Adobe Illustrator.

  1. Desain Logo Terlalu Rumit

Merancang konsep sendiri bukan berarti kamu bisa membuat desain secara asal-asalan. Tingkat kerumitan menjadi hal penting yang harus kamu pertimbangkan agar audience mudah mengenali logo bisnis kamu.

Desain logo yang terlalu rumit justru lebih sulit diingat daripada desain yang sederhana. Oleh karenanya, perhatikan penggunaan elemen dan font dalam pembuatan logo. Sebisa mungkin pakailah font keren gratis yang dapat terbaca dengan mudah agar audience tak perlu mengejanya satu per satu.

  1. Keliru dalam Memilih Warna

Kesalahan yang prlu dihindari dari tips membuat logo berikutnya adalah keliru dalam memilih warna. Warna logo merupakan elemen penting yang berkaitan langsung dengan citra bisnis kamu. Salah dalam memilih warna justru akan membuat logo sulit dikenali.

Sebenarnya sah-sah saja kalau kamu ingin bereksperimen dalam memilih warna. Tapi, pikirkan lagi keselarasan antara warna yang kamu gunakan. Jangan sampai kamu menumpuk terlalu banyak warna dalam desain logo bisnismu.

  1. Pemilihan Font yang Tidak Cocok

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pemilihan font harus dilakukan secara akurat agar dapat dibaca dengan mudah. Selain itu, font yang digunakan dalam logo memiliki pesan-pesan tersendiri yang mewakili brand kamu. Sebab itu, pilihlah font yang sesuai dengan karakter bisnis kamu.

  1. Tidak Memperhatikan Brand Positioning

Kesalahan selanjutnya adalah tidak memperhatikan brand positoning. Brand positioning adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pesaing. Nah, dalam mendesain logo, kamu juga harus menganalisis pesaing agar logo yang kamu buat makin berkarakter. Sebenarnya membuat logo sendiri bukanlah hal yang sulit. Dengan tips membuat logo di atas, kamu dapat menghindari beberapa kesalahan yang umum terjadi. Jika sudah memiliki logo yang bagus, saatnya untuk meningkatkan layanan bisnismu dengan menggunakan layanan Shipper untuk jasa pengiriman ataupun penyewaan gudang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *