Panduan Steemit Pemula #5 – Tips Sukses di Steemit

3 min read

Daftar Isi: 

  1. Panduan Steemit Pemula #1 – Pengenalan Steemit
  2. Panduan Steemit Pemula #2 – Mendaftar Steemit dan Menyeting Profile
  3. Panduan Steemit Pemula #3 – Postingan yang Cocok Saya Tulis di Steemit dan Komunitasnya
  4. Panduan Steemit Pemula #4 – Menyelesaikan Tugas Achievement
  5. Panduan Seemit Pemula #5 – Menjadi Steemian yang SUkses (FINAL)

Jika kamu tersasar ke postingan ini dan baru melihatnya, silakan baca dulu postingan sebelumnya melalui link diatas ya.

8 Cara Menjadi Steemian Sukses

Pada postingan pertama di Panduan Steemit Pemula bagian Satu, saya sudah menyebutkan bahwa Steemit bukanlah skema ‘cepat kaya’, seperti mendapat jackpot tiba-tiba atau cuan trading dalam hitungan jam. Steemit adalah long journey. Semakin kamu mendalamaniya, semakin kamu menekuninya, disanalah nanti dia akan berbuah.

Berikut ini adalah beberapa tips sukses yang bisa kamu terapkan jika ingin tumbuh, berkembang, dan hidup lama di Steemit.

Kenapa saya katakan demikian? Karna sudah banyak steemian yang saya lihat seperti ini, tidak ada tujuan dan hanya sekedar ikut-ikutan saja. Hanya berapi-api di awal lalu kemudian hilang tanpa pamit.

Tips ini saya sadur dari tips sukses blogger Niagahoster, saya rasa poin-poinnya sama persis mengingat aktivitas kita di Steemit juga blogging. Jadi sama saja, hanya saja ada beberapa kalima tyang saya tambahkan.

Semoga bisa diterapkan ya steemians…

1. Tingkatkan Skill Menulis

Artikel postingan adalah produk utama dari blog Steemit Anda. Jika kamu memiliki keahlian menulis yang baik, artikel yang kamu buat pun akan berkualitas.

Buatlah artikel dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam, dan jangan menulis paragraf terlalu panjang. Buat lah beberapa baris saja namun kalimatnya berisi semua.

Perlu diingat bahwa skill menulis harus selalu diasah. Sayang kan kalau kamu memiliki topik blog yang unik dan informasi yang bermanfaat tapi tidak mampu menyampaikannya dengan baik?

2. Atur Waktu dengan Baik

Banyak sekali steemian yang gagal mencapai hasil yang diharapkan karena kesalahan dalam time management.

Kamu mungkin bertanya: “Kapan waktu terbaik untuk memposting?”

Pada dasarnya kegiatan menulis tidak mengikat harus dilakukan di waktu tertentu. Akan tetapi, banyaknya hal yang harus dilakukan membuat pengaturan waktu menjadi penting.

Bagi waktu kamu semaksimal mungkin, cukup beberapa jam namun fokus. Jadi, kamu bisa tahu kapan waktu untuk merencanakan konten, mengumpulkan ide, dan menulis artikel.

3. Terus Belajar Hal Baru

Pengunjung blog bukan hanya datang untuk mendapatkan informasi bermanfaat, tapi juga informasi baru.

Jadi, apabila ingin mendapatkan jumlah pengunjung yang meningkat, selalu pelajari hal baru. Dengan demikian, kamu bisa terus membuat konten unik yang menarik untuk dibaca.

Anda bisa belajar hal baru dengan melakukan eksperimen sendiri atau membaca dari berbagai buku atau sumber resmi lainnya. Jangan hanya berkutat di satu titik saja, karna hal tersebut akan sulit membuat kita berkambang.

4. Berkomunikasi dengan Baik

Kesalahan membangun komunikasi dengan steemian bisa menjadi hambatan dalam cara menjadi blogger sukses.

Para steemian profesional yang sudah memiliki jam terbang tinggi mengetahui hal ini sehingga berusaha selalu meningkatkan upaya komunikasi mereka dengan pembaca.

Komunikasi sebagai seorang steemian dengan audiens utamanya dilakukan melalui kolom komentar postingan. Meskipun bisa juga ada pertanyaan yang disampaikan melalui aplikasi discord atau akun media sosial.

Berkomentarlah dengan sopan, balas dengan bahasa yang mudah dimengerti. Dan usahakan balas semua komentar yang masuk ke notifikasimu, sewajarnya saja.

5. Bangun Jaringan yang Luas

Kamu mungkin bisa membuat konten seorang diri. Namun, untuk mengembangkan reputasi, menggandeng pihak lain bisa menjadi strategi yang cukup efektif, salah satunya mungkin dengan bergabung dengan komunitas dan melakukan kolaborasi dengan mereka.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi bermanfaat berupa solusi dari permasalahan steemit yang kamu temui.

6. Tetaplah Produktif

Tampilan blog Steemit secara default akan memunculkan postingan terbaru di atas. Jika pengunjung hanya melihat postingan lama, kesan yang muncul adalah blog kamu tidak dikelola dengan baik.

Oleh karena itu, jadilah produktif dan update blog kamu secara rutin.

Tentu menjadi steemian yang produktif tidaklah mudah. Terutama, bagi steemian baru. Untungnya, ada berbagai cara menjadi blogger yang produktif.

Diantaranya adalah membuat template postingan sehingga postingan kamu lebih tertata dan jelas alur peembahasanya.

Lalu maksimalkan time management kita, buatlah manajemen postingan. List ide-ide yang ingin kamu buatkan artikelnya lalu rencanakan kapan akan kamu posting.

Dengan begitu, setiap harinya kamu akan terlihat produktif karna postinganmu sudah terjadwal sebelumnya.

7. Selalu Kreatif

Salah satu alasan kenapa seorang steemian bisa dikenal orang banyak adalah informasi yang bermanfaat, yang tidak ditemukan di blog lain. Maka, menjadi steemian yang kreatif akan membantu kesuksesan reputasi kamu.

Kamu akan dikenal orang karna kreatifitas tersebut. Kreatifitas lain bisa ditunjukkan dengan beberapa cara, diantaranya seperti membuat informasi baru dari sudut pandang lain yang tidak perna orang pikirkan.

Kreatiflah, buat sesuatu yang unik, bermanfaat, dan lain dari pada yang lain. Disaat semua orang membuat hal yang sama tanpa adanya traffic yang signifikan, disitulah kreatifitasmu harus dimunculkan sehingga akan mendapatkan attention lebih.

8. Konsisten

Memiliki konsistensi merupakan rahasia utama sukses di Steemit. Alasannya, kesuksesan tersebut membutuhkan waktu. 7 Tips diatas akan percuma dilakukan jika kamu tidak konsisten.

Bagi steemian pemula, hal ini tidaklah mudah. Setelah bersusah payah membuat postingan dan hanya mendapat sedikit vote dan komentar tentu bisa menurunkan semangat dan membuat frustrasi. Tak jarang, sebagian besar steemian pemula, tak mau melanjutkan prosesnya.

Padahal kesuksesan tersebut hanya bisa diraih jika kamu tetap sesuai rencana yang dibuat dan menjalankan rencana tersebut hingga berhasil.

Inilah beberapa tips untuk konsisten dalam membuat postingan di Steemit:

  • Mulai dengan target kecil. Menentukan target tinggi di awal postingan bukanlah ide baik. Sebab, jika tidak berhasil meraihnya, bisa jadi kamu akan bosan dan kecewa. Sebaiknya mulailah dari target yang realistis. Lalu perlahan tingkatkan target tersebut. Target ini bisa berupa topik postingan yang ditulis, jumlah kata yang kamu tulis, jumlah posting tiap hari, tiap minggu.
  • Lakukan penjadwalan posting. Jika jadwal posting kamu adalah sehari sekali, maka lakukan sesuai rencana tersebut. Artinya, meskipun kamu sudah menyelesaikan 2-3 konten, tetap publikasikan sesuai rencana awal. konten lainnya bisa untuk stok hari kedapan.
  • Ciptakan kebiasaan menulis. Melakukan kegiatan secara rutin hingga menjadi kebiasaan tentu akan lebih mudah dalam pelaksanaannya. Tak terkecuali kebiasaan menulis untuk blog steemit. Jika kamu sudah menikmati langkah pembuatan konten, hal ini tidak akan lagi menjadi beban untuk hidup kamu.
  • Lakukan pengukuran hasil secara rutin. Salah satu hal yang membuat kamu terus semangat untuk membuat konten adalah ketika berhasil mencapai hasil. Oleh karena itu, lakukan pengukuran hasil atas apa yang pernah kamu lakukan. Misalnya, apakah target jumlah kata harian Anda terpenuhi, atau apakah target jumlah pengunjung bulanan Anda telah sesuai keinginan.

Dengan upaya tersebut, upaya blogging Anda bisa lebih konsisten. Inilah bekal kamu untuk bisa menjadi steemian yang sukses.

Sudah siap untuk menerapkannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *