Panduan Steemit Pemula #3 – Postingan yang Cocok Saya Tulis di Steemit dan Komunitasnya

4 min read

Daftar Isi: 

  1. Panduan Steemit Pemula #1 – Pengenalan Steemit
  2. Panduan Steemit Pemula #2 – Mendaftar Steemit dan Menyeting Profile
  3. Panduan Steemit Pemula #3 – Postingan yang Cocok Saya Tulis di Steemit dan Komunitasnya
  4. Panduan Steemit Pemula #4 – Menyelesaikan Tugas Achievement
  5. Panduan Seemit Pemula #5 – Cara Bertahan Hidup di Steemit (FINAL)

Jika kamu tersasar ke postingan ini dan baru melihatnya, silakan baca dulu postingan sebelumnya melalui link diatas ya.

Postingan apa yang bisa saya tulis di Steemit?

Seperti yang sudah saya jelaskan secara singkat pada perkenalan lalu, apapun bisa kita tulis di Steemit. Apapun. Namun bagi para newcomers (pendatang baru) biasanya mereka akan kesulitan diawal. Bingung, postingan apa yang akan saya tulis di Steemit?

Untuk itulah poin ‘postingan seperti apa yang akan saya cari di Steemit’ dan ‘postingan seperti apa yang akan saya buat’ di Steemit’ yang ada pada pembahasan Achievement 1 kemarin dibuat. Karna poin ini akan sangat berpengaruh kepada perkembangan kita di Steemit kedepannya. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa jawabannya mungkin akan berbeda-bedan dan akan bertukar nanti di tengah jalan.

Biasanya, pengguna Steemit akan menulis suatu dengan hal yang disukainya atau suatu hal yang mereka kuasai. Mereka lebih berpengalaman menceritakan atau membuat postingan tentang hal tersebut. Sehingga, ketika suatu topik atau suatu tema sudah mereka kuasai, tentu kedepannya mereka akan terus membahas tentang itu dan akan berjalan secara continue. Konsisten adalah salah satu kunci sukses di Steemit.

Contoh sederhananya adalah, saya seorang desainer grafis, karna saya menyukai dunia desain maka saya akan membuat postingan yang berhubungan dengan desain grafis. Entah itu karya-karya saya, tips desain, tutorial desain, pengalaman saya tentang desain, dan hal-hal baru yang berkaitan dendan dunia desain grafis.

Karna saya menyukai dan lebih menguasi bidang desain grafis, tentu saya akan merasa lebih percaya diri dan lebih mudah untuk membuat postingan tentang desain grafis.

Kuncinya adalah, find your passion and be consistent with it. Temukan passion-mu dan konsistenlah.

Apakah passion kamu tentang teknologi, desain, fotografi, cerita motivasi, pendidikan, makanan dan masakan, pramuka, atau yang lainnya? Jawabannya ada pada diri kamu sendiri. 😁

Komunitas yang sesuai dengan Passion saya

Ada ratusan komunitas yang terdaftar di Steemit, dan jumlah terus meningkat setiap harinya. Kita bisa masuk ke komunitas tersebut untuk mendapatkan konten yang sesuai dengan passion kita dan akan membuat konten yang sesuai dengan passion kita di komunitas tersebut.

Namun tidak semua komunitas yang mendapat attention dari akun whales, sehingga postingan di komunitas tersebut tidak banyak mendapat reward, hanya dari kalangan mereka saja.

Untuk bergabung dengan komunitas tidaklah sulit, dan persyaratannya juga tidak terlalu ribet. Langkah-langkahnya sama seperti yang sudah saya jelaskan pada panduan 2 tentang bergabung di Newcomers’ Community. Cukup tekan Subscribe, dan kamu sudah bergabung ke komunitas. Dan untuk membuat postingan, kamu bisa langsung menekan tombol New Post

Screenshot_509.png

Namun seperti kata pepatah, Lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya. Begitu juga di Steemit, masing-masing komunitas juga memiliki aturan masing-masing yang harus kita hormati. Tidak bisa asal join dan membuat postingan yang tidak related/berhubungan dengan komunitas tersebut. Aturan komunitas biasanya dicantumkan di deskripsi di sidebar kanan, dan kadang versi lengkapnya dibuatkan menjadi sebuah postingan yang di-pin di komunitas tersebut.

Untuk melihat dan mengetahui komunitas apa-apa saja yang ada di Steemit, kamu bisa melihatnya pada sidebar kiri di halaman beranda steemit.com kamu, lalu klik Explore communities

image.png

Berikut ini adalah beberapa trending komunitas yang biasanya dimasuki oleh para Steemian yang mungkin cocok dengan Passion kamu 🧐

  • Newcomers’ Community: Komunitas untuk program Achievement bagi Pendatang Baru (Newcomers), postingan hanya khusus untuk Achievement program.
  • Steemit Nursery: Komunitas Umum untuk Pendatang Baru Steemit, postingan bebas.
  • WORLD OF XPILAR: Komunitas tentang kreativitas, yang biasanya didominasi oleh konten fotografi dan kontes kreatifitas
  • SteemFoods: Komunitas Makanan dan Memasak
  • SteemitCryptoAcademy: Komunitas untuk Steemit Crypto Academy
  • StockPhotos: Komunitas untuk berbagi foto stok gratis
  • Photography: Komunitas untuk seni, industri, teknologi, dan antusiasme fotografi
  • Steem Schools: Komunitas tentang motivasi bisnis dan pendidikan
  • Steem SEA: Komunitas umum untuk pengguna di Asia, Indonesia khususnya
  • Writing & Reviews: Komunitas untuk tempat berkreasi. Temukan tulisan dan ulasan hebat di sini!
  • SteemWomen Club: Khusus ladies, apapun tentang hobi dan tentang wanita ada disini.

Bagaimana cara agar postingan saya mendapat reward?

Sepert yang sudah saya singgung sebelumnya, cara terbaik untuk mendapatkan reward adalah membuat postingan yang berkualitas yang memiliki value kepada orang banyak terutama untuk komunitas Steem. Artinya postingan yang berguna dan bermanfaat untuk orang banyak, bukan hanya sekedar tulisan yang kamu tulis karna kamu suka dengan itu.

Ada beberapa tips agar postingan kamu mendapat reward dari para kurator besar seperti @steemcurator01 yang memiliki Steem Power yang sangat besar sehingga sekali vote akan sangat bernilai.

SmartSelect_20210519-123021_Chrome.jpg
  1. Konsistensi – Membuat posting secara rutin setiap hari. Minimal 1 postingan/hari
  2. Komitmen – Berusaha untuk selalu meningkatkan Steem Power (melakukan power up). Setidaknya sudah memiliki 50 SP ketika 2-3 bulan di Steemit.
  3. Kreativitas – Melakukan sesuatu yang kreatif dan mencoba sesuatu yang berbeda dari orang lain
  4. Bernilai – Memberikan effort lebih yang memiliki value kepada Steemit

Poin keempat adalah poin yang paling penting dari keseluruhan poin: How can I add value on Steem? Maksudnya adalah, apa kontribusimu untuk Steemit, apa yang bisa kamu berikan untuk perkembangan komunitas Steemit. Value ini sangat luas maksudnya dan bisa berarti apapun. Sesuatu yang memiliki value positif dan sangat bermanfaat bagi komunitas Steemit.

Contoh yang paling sederhana adalah aktivitas #Promo-Steem. Mempromisikan Steemit kepada orang lain lalu membuat postingannya di Steemit. Membuat suatu aktivitas atau kegiatan yang berbau ‘Steemit’ sehingga memberikan value lebih kepada perkembangan Steemit.

Ada banyak steemian yang memberikan value kepada steemit dengan berbagai macam cara dan dengan versi mereka sendiri. Contoh nyata dari aktivitas ini salah satunya adalah @anroja yang memiliki program @steem-amal dari komunitas Steem SEA yang membantu masyarakat kalangan bawah dengan memberikan mereka bantuan sosial, dan ada juga @arie.steem yang sukses dengan berbagai macam program #promo-steem salah satunya yaitu @steemcoffeeshop. Dan masih banyak lagi.

Sanksi bagi yang melanggar Aturan

Sekalipun kita diberi kebebasan untuk menulis apapun di Steemit, tentu kita juga tidak bisa sembarangan sesuka hati kita membuat postingan asal-asalan bahkan postingan yang sangat sensitif yang berbau SARA yang berdampak buruk bagi perkembangan komunitas.

Memang regulasi Steemit tidak akan menuntut kita ataupun men-take down postingan kita secara langsung. Karna pihak Steemit sendiri pun tidak bisa melakukan itu. Itulah kelebihan teknologi blockchain, setiap pengguna memiliki kebebasan terhadap akunnya sendiri. Tanpa ada satupun yang bisa menginterupsinya, bahkan pihak Steemit sendiri.

Kendati demikian, tetap ada cara lain untuk mengatasi hal-hal seperti ini jika ada pengguna yang ‘bandel’ yang tetap melanggar beberapa aturan yang sudah ditetapkan Komunitas.

Baca: Panduan Etika Steemit Lengkap (Revisi 2.0)

Beberapa pengguna yang bandel ini biasanya akan di-mute dari komunitas, sehingga postingannya akan ter-hide dan tidak akan tampak di timeline komunitas bahkan timeline kita sendiri.

Bahkan jika postingan tersebut sangat berdampak negatif, para whales (sebutan untuk akun-akun besar yang memiliki reputasi tinggi dan Steem Power yang besar* tidak akan segan-segan melakukan Downvote Sehingga reputasi pengguna tersebut akan turun bahkan minus. Sehingga mereka tidak akan menerima reward. Alih-alih mendapatkan reward, malah mendapat reputasi buruk dan reward akan hilang.

So, bijaklah dalam bersteemit.★★★

Selanjutnya…
Panduan Steemit Pemula #4 – Menyelesaikan Tugas Achievement

divider.png

Have further questions? Please join the SEA Steem Community via the following Discord application:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *