Panduan Steemit Pemula #1 – Pengenalan Steemit

2 min read

Disclaimer:
Postingan ini dibuat untuk memudahkan pendatang baru yang ingin mengetahui dan ingin mempelajari Steemit secara singkat, ringkas dan padat. Sebagian besar disadur dari halaman FAQ Steemit.

divider.png

Apa itu Steemit?

Steemit.com adalah situs blog dan media sosial berbasis blockchain, yang memberi penghargaan kepada penggunanya berupa cryptocurrency STEEM untuk menerbitkan ataupun mengkurasi sebuah konten. source

Singkatnya, dengan menulis dan menerbitkan sebuah konten di Steemit, kita bisa mendapatkan reward berupa koin kripto bernama Steem Dollar (SBD). Dimana koin SBD ini bisa kita tukarkan ke mata uang Rupiah.

Saat postingan ini ditulis, harga $1 SBD nilainya setara dengan Rp 75,818 atau $5.21 USD. Lumayan bukan 🙂 Namun harga ini sangat fluktuatif, artinya bisa turun dan naik secara tidak tetap. Untuk mengetahui harga SBD sekarang, silakan kunjungi coinmarketcap.com.

Siapa yang memberikan reward?

Reward berasal dari sesama pengguna. Setiap pengguna bisa memberikan reward kepada pengguna lainnya. Namun yang menjadikan perbedaan adalah POWER yang dimiliki pengguna tersebut. Semakin banyak powernya maka nilai reward yang akan mereka hasilkan akan semakin besar.

Di Steemit ada beberapa akun besar (whales) yang memiliki jutaan Power yang sangat selektif memberikan reward kepada postingan yang berkualitas. Seperti @steemcurator01, @booming01, @xeldal, dll.

Bedanya dengan Social Media lain apa?

Ketika sebagian besar sosial media lain mengambil nilai keuntungan hanya untuk mereka sendiri (perusahaan, investor, pemegang saham), di Steemit manfaat dan penghargaan tersebut harus diberikan kepada penggunanya yang telah berkontribusi memberikan value kepada komunitas Steemit.

Singkatnya, ketika bermain Facebook atau Instagram yang kita dapatkan hanyalah sekedar jumlah like, yang bahkan jumlah like tersebut tidak bernilai apa-apa. Di Steemit like tersebut dinamakan “vote” yang akan memiliki nilai ketika kita mendapatkan kurasi/reward. Nilai Vote tersebut bisa kita uangkan.

image.png

Apakah daftar Steemit Gratis?

Ya, tentu saja. GRATIS. Kamu bisa langsung daftar akunnya melalui https://signup.steemit.com

Namun perlu diingat, karena Steemit adalah platform ‘spesial’, maka password akun tidak dapat kita buat sendiri layaknya facebook, instagram, twitter, dll. Password yang diberikan Steemit berupa sederat huruf dan angka yang sangat panjang yang harus kita simpan baik-baik. Karena ketika Password tersebut hilang, akun kita juga akan hilang.

Apakah dikenakan biaya tambahan untuk mempostingan, Komentar, dan Vote?

Tidak. Memposting, berkomentar, dan voting konten di Steemit gratis. Bahkan kamu mungkin akan mendapat bayaran!

Apa saja yang bisa kita tulis di Steemit?

Apapun bisa kita tulis di Steemit. Apapun. Namun untuk mendapatkan reward yang pantas, konten yang ditulis di Steemit haruslah konten eksklusif yang berkualitas dan yang memiliki manfaat dan value terhadap orang banyak, terutama untuk komunitas dan jaringan ekosistem Steem.

Postingan tersebut bisa berupa tentang teknologi, desain, motivation story, pendidikan, fotografi, makanan dan masak-masak, scout/pramuka, bahkan cerita ringan aktivitas harian kita semacam menulis diary.

Ada banyak sekali macam-macam topik, ruang, dan komunitas di Steemit. Kita bisa bergabung kemanapun yang kita suka yang sesuai dengan hobi, minat dan bakat kita masing-masing

Apakah ada aturan tentang bagaimana seharusnya ber-steemit?

Secara resmi tidak ada. Karna Steemit dibangun oleh penggunanya sendiri, from us to us . Meskipun kita dibebaskan untuk menulis dan menerbitkan konten apapun, namun ada suatu Guidelines atau aturan yang dipercaya oleh sebagian besar pengguna Steemit yang harus kita pahami dan kita patuhi.

Panduan Etika Steemit Lengkap (Revisi 2.0)

Kenapa reward setiap orang berbeda-beda, bahkan ada yang tidak mendapat reward?

Steemit bukanlah skema “cepat kaya”. Sebagian pengguna yang kamu lihat yang mendapatkan reward besar adalah pengguna yang sudah menghabiskan banyak waktu untuk membangun jaringan, mem-branding diri, menjalin hubungan dengan orang lain, dan mengembangkan reputasi mereka untuk menghasilkan konten yang berkualitas. Sepak terjang mereka lebih lama dan lebih berpengalaman.

Meskipun ada sebagian pengguna yang tiba-tiba viral dengan suatu postingan yang memiliki ide yang sangat cemerlang, dan kontribusinya sangat berdampak positif bagi komunitas. Sehingga mendapat reward yang besar.

Yang terbaik adalah memiliki harapan yang realistis, tanpa berfokus pada reward saat kamu pertama kali memulai Steemit. Kita mungkin sama-sama paham tujuan kita kesini adalah karena uang, tidak bisa kita pungkiri, namun jangan menjadikannya sebagai orientasi utama. Berusahalah untuk menjalin hubungan dengan pengguna lain, membangun follower, dan mengembangkan reputasi yang baik. Konsistensi akan membuahkan hasil dalam jangka panjang. Percayalah.

Selanjutnya…
Panduan Steemit Pemula #2 – Mendaftar Steemit dan Menyeting Profile

divider.png

Punya pertanyaan lebih lanjut? Silakan bergabung dengan Komunitas Steem SEA melalui aplikasi Discord berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *